Leave a comment

Belajar yang Baik

Sesuai dengan pepatah “Belajar Merupakan Kunci Keberhasilan”. Belajar adalah memahami, merasakan, mengetahui, mencari, menjelaskan, sehingga dengan belajar orang akan mengetahui segala yang belum diketahui. Untuk bisa pandai dan pintar pastinya harus giat dan tekun belajar. Kadang walaupun kita sudah belajar tetapi hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan harapan.

 

5BC5103EBCE4F0C022CD7E564D7179

 

Bagaimana cara belajar yang baik, efektif, dan tepat ? Kapan waktu yang tepat untuk belajar ? Setiap orang mempunyai karakteristik yang berbeda dalam belajar.

Ada beberapa tips jitu untuk belajar yang baik, efektif, dan tepat. Simak tips berikut ya….

1. Niat dan Motivasi

Berniat dengan sungguh – sungguh dan motivasi merupakan langkah awal yang baik untuk memulai belajar. Yakin dan bersemangat bahwa yang akan kita pelajari akan bermanfaat. Tepiskan rasa ragu – ragu dalam diri kita.

2. Suasana Kondusif

Ciptakan suasana yang kondusif pada saat belajar. Dengan suasana yang kondusif materi yang kita pelajari akan mudah dipelajari. Suasana juga kondusif  meningkatkan konsentrasi belajar.

3. Garis Besar Materi

Sebelum belajar lebih dalam sebaiknya  membaca garis besar terlebih dahulu. Lihatlah semua sub-bab atau ringkasan materi yang akan dipelajari.

4. Disiplin dan Tekun

Belajar sebaiknya tidak menggunakan sistem kebut semalam atau sks. Belajar dengan disiplin pada waktu tertentu lebih baik dibanding dengan sistem sks.  Buat waktu perencanaan belajar yang baik , misalnya setiap malam selama 2-3 jam digunakan untuk mengulang pelajaran yang dipelajari pada saat di sekolah.

5. Rajin Mencatat

Rajin mencatat materi yang diberikan oleh guru. Walaupun sudah ada media belajar seperti buku pelajaran, ppt atau hand out dari guru tetapi biasanya terdapat penjelasan yang lebih rinci dari guru. Catat penjelasan penting yang diberikan oleh guru.

6. Membuat Intisari

Tips ini cukup efektif digunakan menjelang ulangan. Sebelum ulangan buatlah intisari dari materi yang akan digunakan untuk ulangan dengan cara membuat catatan sendiri. Setiap sub-bab mempunyai hal – hal penting atau bagian yang mutlak. Bagian tersebut sebaiknya dibuat catatn sendiri. Atau buatlah peta konsep dari materi yang akan digunakakn untuk ulangan. Ini sangat berguna dan melatih belajar lebih skematis.

7. Bertanya

Apabila ada materi yang susah dipahami jangan sungkan – sungkan bertanya kepada guru atau teman.

Semoga tips ini bermanfaat😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: