Leave a comment

UJIAN “MASALAH” NASIONAL

Ujian Nasional menjadi momok yang menakutkan bagi peserta didik. Dalam waktu kurang dari satu minggu penentuan sekolah selama tiga tahun bagi siswa SMA/MA/SMK/SMALB dan SMP/MTs/SMPLB serta enam tahun bagi siswa SD/MI/SDLB ditentukan kelulusannya. Memang penentuan kelulusan tidak mutlak semua dari Ujian Nasional. Penentuan kelulusan 60% berasal dari nilai Ujian Nasional dan 40% sisanya adalah komponen penyelesaian program pendidikan, serta harus lulus ujian sekolah. Salah satu fungsi Ujian Nasional untuk memetakan tingkat kemampuan siswa terhadap hasil penyelenggaraan pendidikan.

Pro dan kontra mengenai Ujian Nasional menjadi bahasan nasional setiap tahunnya. Banyak pihak yang setuju mengenai adanya Ujian Nasional. Tetapi banyak juga yang tidak setuju dengan adanya Ujian Nasional. Pro kontra yang ada tidak mempengaruhi penyelenggaraan Ujian Nasional. Hal ini dibuktikan masih terselenggaranya Ujian Nasional saat ini.

Ujian Nasional tahun ajaran 2012/2013 untuk tingkat SMA/MA/SMK/SMALB tidak dilaksanakan serempak di berbagai wilayah. Ini menjadi masalah baru dalam pelaksanaan Ujian Nasional. Tahun – tahun sebelumnya pelaksanaan Ujian Nasional dapat dilaksanakan serempak. Penyebab Ujian Nasional tidak dilaksanakan secara serempak karena masalah distribusi naskah ujian yang tidak tepat waktu. Wilayah yang mengalami keterlambatan distribusi naskah Ujian Nasional berada di luar Jawa. Keterlambatan naskah Ujian Nasioanal membuat siswa dan guru menjadi khawatir.

ujian-nasional-2013

Proses palaksanaan Ujian Nasional 2012/2013 tingkat SMA di salah satu sekolah

Mulai tahun ini pihak perguruan tinggi (PT) dilibatkan dalam Ujian Nasional. Rencananya H-2 Ujian Nasional naskah UN diterima Dinas Pendidikan, kemudian H-1 didistribusikan ke subrayon. Setelah itu hari H pagi didistribusikan ke sekolah – sekolah dengan dikawal oleh pihak kepolisian, perguruan tinggi, dan dinas pendidikan.

Selain itu, Ujian Nasional tahun ajaran 2012/2013 sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Terdapat 20 kode soal dalam setiap ruangan, dengan kata lain setiap siswa mengerjakan soial yang berbeda karena setiap ruang terdapat 20 siswa. Dan setiap soal terdapat barcodenya. Sistem ini untuk mencegah adanya kebocoran soal dan kunci jawaban Ujian Nasional. Dan untuk memperkecil peluang siswa untuk saling mencontek pada saat Ujian Nasional.

Tidak hanya Ujian Nasional pada tingkat SMA/MA/SMK/SMALB saja yang mengalami keterlambatan distribusi naskah ujian. Hal serupa juga terjadi pada tingkat SMP/MTs/SMPLB. Wilayah yang mengalami keterlambatan naskah ujian berada di luar Jawa seperti kasus yang terjadi sebelumnya. Selain itu banyak terjadi ketidaksesuaian naskah soal untuk siswa SMPLB di berbagai wilayah Indonesia. Naskah soal yang seharusnya untuk penyandang tunarungu diterima oleh penyandang tunanetra dan lain sebagainya. Tertukarnya naskah soal tidak hanya terjadi pada seorang siswa saja tetapi terjadi pada beberapa orang siswa di berbagai daerah.

pendataan soal UN) di salah satu kantor Dinas Pendidikan Kabupaten

pendataan soal UN di salah satu kantor Dinas Pendidikan Kabupaten

Berbagai masalah Ujian Nasional yang terjadi tahun ini menyita perhatian publik. Hal ini menjadi masalah nasional. Keterlambatan dan kesalahan naskah ujian merupakan cermin persiapan penyelenggaraan Ujian Nasioanal yang kurang maksimal. Masalah mengenai Ujian Nasional yang terjadi tahun ini sebaiknya harus segera dicari penyebabnya untuk perbaikan penyelenggaraan Ujian Nasional tahun yang akan datang. Persiapan penyelenggaraan Ujian Nasional harus dipersiapkan sebaik mungkin agar Ujian Nasional dapat terlaksana dengan baik dan tidak mengkhawatirkan banyak pihak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: